Monday, November 2, 2020

Demokrasi

 


Ketika mendengar kata "Demokrasi", kira-kira apa yang terpikir di benak kita? Sebagian dari kita mungkin akan menjawabnya dengan ungkapan yang positif. Di antara kita ada pula yang menanggapinya dengan dua sisi sekaligus di mana demokrasi dapat memberi kebaikan namun tidak sedikit pula negatifnya.

Tidak hanya itu, demokrasi bahkan mungkin dipandang sama sekali negatif oleh sekelompok orang. Bagi mereka, demokrasi selalu identik dengan "barat" dan "kafir". Tidak heran jika mereka ini menolak demokrasi dan hendak menggantinya dengan sistem yang menurut mereka berasal dari Tuhan.

Pandangan-pandangan di atas tentu tidak sepenuhnya benar dan karenanya tidak sepenuhnya pula salah. Hanya saja, bagaimanapun Indonesia dan kebanyakan negara di dunia telah memilih demokrasi sebagai sistem politik mereka.

Ya, demorkasi bisa diartikan sebagai sistem politik, pemerintahan, atau negara. Di dalam sistem ini, sesuai dengan asal katanya, rakyat ditempatkan sebagai pemegang kedaulatan. Dengan kata lain rakyatlah yang berkuasa.

Jika yang terpikirkan oleh kita demokrasi identik dengan pemilu atau pemilihan kepada daerah, maka pemahaman demokrasi kita termasuk lumayan. Karena, dalam pemilu dan pemilihan kepala daerah itulah wujud dari kedaulatan rakyat terlihat jelas.

Nah, materi kali ini akan berbicara soal demokrasi yang meliputi:

  1. Pengertian dan sejarah demokrasi
  2. Macam-macam demokrasi
  3. Ciri, prinsip dan nilai demokrasi, dan
  4. Bagaimana membangun demokrasi yang religius

Poin keempat ini mungkin agak anomali karena riligius yang berasal dari kata religi atau religion (agama) yang berdimensi ke-Tuhanan malah disandingkan dengan demokrasi yang sangat identik dengan manusia atau kemanusiaan.


Untuk lebih jelasnya, materi yang terdiri dari beberapa bagian di atas akan dijelaskan melalu slide di bawah ini.



Selain materi di atas, materi menarik lainnya dapat di baca di sini.

Tugas

Setelah membaca dan menulis bagian-bagian penting dari topik Demokrasi ini, berdiskusilah di dalam kelompok masing-masing dan temukan alasan-alasan selain yang telah diungkapkan bahwa Indonesia adalah negara yang berpaham demokrasi. Lantas bagaimana pendapat dari kalian tentang demokrasi religius?

Penutup
Bagaimana dengan kuliah hari ini? Beri penilaianmu di sini, ya!

Demikianlah sesi perkuliahan kali ini. Semoga bermanfaat.

Jabat Erat
Thanks & best regards.
Khairil Akbar, S.H.I., M.H.

Load comments